Sukseskan Program PPK Ormawa 2022, 75 Mahasiswa UTU Diterjunkan ke Nagan Raya
  • UTU News
  • 06. 07. 2022
  • 0
  • 828

MEULABOH – UTU | Sebanyak 5 tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Universitas Teuku Umar yang berhasil meraih pendanaan dari Kemendikbudristek tahun 2022 akan diterjunkan ke lapangan untuk melaksanakan program di Kabupaten Nagan Raya.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari rencana aksi dari seluruh tim PPK Ormawa UTU yang dikoordinir oleh Pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (Pusat PKM) Universitas Teuku Umar.

Koordinator Pusat PKM UTU, Yarmaliza, M.Si kepada UTU News mengabarkan bahwa pada hari senin dan selasa (4-5/7/2022) Korpus PKM UTU bersama Dosen Pembimbing telah melakukan pengantaran mahasiswa ke lokasi program yaitu di Kabupaten Nagan Raya.

Yarmaliza menjelaskan ada 75 orang mahasiswa terlibat dalam program ini dari 5 tim PPK Ormawa. “Masing-masing tim PPK Ormawa akan melibatkan 15 orang mahasiswa, sehingga secara keseluruhan ada 75 orang mahasiswa yang kita terjunkan ke lapangan pada hari ini,” jelas Yarmaliza yang juga salah seorang pembimbing tim PPK Ormawa.

Adapun ke-5 tim PPK Ormawa tersebut akan ditempatkan di 5 desa berbeda dalam kabupaten Nagan Raya, yaitu desa Sumber Bakti Kecamatan Darul Makmur, Desa Langkak dan Purwosari kecamatan Kuala Pesisir, Serta Desa Meunasah Krueng dan Desa Bumi Sari Kecamatan Beutong.

"Besar harapan kami kegiatan PPK Ormawa dari Universitas Teuku Umar bisa berjalan dengan baik dan dapat memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat dan kemajuan desa." Pungkasnya

Selain Yarmaliza, turut berhadir dalam pengantaran tim PPK Ormawa tersebut seluruh dosen pembimbing program PPK Ormawa lainnya, yaitu Yoga Nugroho, SP., MM; DR. Rahmat Pramulya, MM; Safrida, S.Sos., M.A.P dan Rachmatika Lestari, SH., MH.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, UTU berhasil meloloskan 5 proposal pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2022. Hal ini diketahui berdasarkan pengumuman oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diumumkan pada tanggal 15 Juni 2022 melalui surat 2741/E2/KM.09.00/2022 tentang penerima bantuan PPK Ormawa 2022.

PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek sebab mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Proposal yang diajukan oleh PT merupakan kumpulan dari berbagai gagasan/ide/usulan kegiatan dari satu atau lebih Ormawa.

Gagasan/usulan kegiatan merupakan bentuk pengabdian atau pemberdayaan masyarakat yang disusun oleh Organisasi Kemahasiswaan resmi yang ada di perguruan tinggi, yang dapat diimplementasikan dalam berbagai program sesuai dengan topik yang dipilih. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :